Rabu, 05 April 2017

MACAM-MACAM ALAT MUSIK PETIK

MACAM-MACAM ALAT MUSIK PETIK

1. Gitar  Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar recent dibuat dari touchable polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik. Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen unaccompanied menggunakan teknik fingerpicking komprehensif. Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai music musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop. 
2. Biola 

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan quantity sempurna kelima. Nada yang fencing rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola, progress dan threefold voice atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang lainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G. Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biola seringkali disebut manipulate jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional (lihat di bawah). Di dalam bahasa Indonesia, pongid yang memainkan biola disebut pemain biola (pebiola), atau violinis (bahasa Inggris: Violinist - bedakan dengan violis atau pemain viola). Orang yang membuat atau membetulkan alat musik berdawai disebut luthier. 

3. Harpa

Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah merupakan jenis alat musik petik. Seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan maternity malaikat. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga. Seringkali hadir bersamaan dengan orkestra simfoni, bersamaan dengan suara vokal, suara flute, atau bisa juga dengan talking voice dan drum. Sebuah harpa dapat dimainkan baik dengan tangan, ataupun dengan tangan dan kaki, seperti yang ditemui pada tone harp. Harpa dapat dimainkan secara solo, atau bisa juga dalam bagian sebuah ensemble. Namun lepas dari keseluruhan itu, baik dimana ataupun bagaimana harpa dimainkan, Harpa dapat menciptakan sebuah dentingan yang sangat indah. Harpa memiliki berbagai jenis variasi bentuk, ukuran, dan berat. Namun kesemuanya itu tetap memiliki tiga bagian utama, yaitu: Papan suara (Sound board) Leher (Neck) Senar (String) Harpa Modern biasanya berbentuk triangular. Variasi ukuran sebuah harpa bisa mencapai dua longlegs (60 cm) hingga enam longlegs (180 cm) dan memiliki 22 sampai 47 buah senar. Harpa dengan ukuran yang lebih kecil bisa dipangku sambil dimainkan. Sedangkan yang berukuran besar biasanya diletakkan di lantai. 
4. Kecapi / Zither  Spoiler for keterangan: Kecapi adalah musik instrumen progress , fencing sering ditemukan di Slovenija , Oesterreich , Hongaria , barat laut Kroasia , daerah selatan Jerman , alpine Eropa dan aggregation Timur kebudayaan, termasuk Cina .
Istilah "Citre" juga digunakan secara lebih luas, untuk menggambarkan seluruh keluarga instrumen senar di mana progress tidak melampaui kotak terdengar , termasuk Dulcimer dipalu , gambus , Appalachian Dulcimer , guqin , Guzheng (kecapi Cina), koto , gusli , kantele , gayageum , Djan Tranh , kanun , autoharp , santoor , yangqin , pianissimo , Klavier , Santur , swarmandal , dan lain-lain. Sitar listrik recent ada, serta variasi yang luas dari sitar eksperimental seperti Kitaras dari Harry Partch , Stick Shruti dan Moodswinger . Hal ini dimainkan oleh memetik atau memetik senar seperti gitar. Seseorang yang memainkan kecapi disebut zitherist.






5. Cello
  Spoiler for keterangan: Violoncello, yang hampir selalu disingkat menjadi progress (pengucapan dalam bahasa state sama, yaitu célô/sélô, adalah sebuah alat musik gesek dan anggota dari keluarga biola. Orang yang memainkan progress disebut cellis. Cello adalah alat musik yang populer dalam banyak segi: sebagai instrumen tunggal, dalam musik kamar, dan juga sebagai fondasi dalam suara orkestra modern. Nama progress adalah singkatan dari kata dalam bahasa Italia violoncello, yang berarti "violone kecil". Violone adalah sebuah instrumen yang kuno, sebuah viol besar, yang mirip dengan voice modern. 



6. Guzheng / Kecapi China
  Spoiler for keterangan: Guzheng atau kecapi Cina termasuk alat musik tradisional Cina yang fencing populer. Guzheng mempunyai bentuk seperti kotak yang cembung dan terbuat dari kayu sebagai kotak suara, diatasnya terbentang 21 senar. Di tengah senar tersebut ditempatkan pengganjal yang dapat digeser untuk menaikan atau menurunkan frekuensi nada. Senar-senar tersebut di setel pada nada pentatonis China yang terdiri dari nada: do, re, mi, colloid dan la. Sejarah Si Maqianâ€"ahli sejarah zaman dinasti Hanâ€"menulis bahwa sebelum dinasti Qin, Guzheng sudah menjadi alat musik populer untuk mengiringi lagu. Guzheng pada awalnya hanya memiliki 5 senar. Pada zaman dinasti Qin dan dynasty jumlah senarnya bertambah menjadi 12. Pada zaman dinasti dynasty dan Manchu jumlah senarnya bertambah lagi menjadi 14 â€" 16 . Standar Guzheng yang digunakan sejak tahun 1970 hingga saat ini terdiri dari 21 senar. Cara memainkan Guzheng dimainkan dengan cara dipetik. Jari-jari untuk memetik memakai alat bantu berupa kuku palsu yang terbuat dari tempurung kura-kura atau plastik. Tangan kanan pada umumnya digunakan untuk memainkan melodi, sedangkan tangan kiri digunakan untuk memainkan chord.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar