Selasa, 10 Januari 2017

MODEL TIRUAN DARAH

MODEL TIRUAN DARAH
A.   Landasan Teori
Darah merupakan alat transportasi berbagai macam zat yang utama dalam tubuh. Volume darah manusia sekitar 1/13 (8%) berat badan orang tersebut. Rata-rata orang Indonesia memiliki volume darah antara 4,5 – 5 liter.Darah merupakan jaringan yang khusus tersusun dari matriks cair berupa plasma dan butir-butir darah. Perbandingan plasma dan butir darah mendekati 55 : 45. Butir darah tersebut terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).

§  Plasma darah
Sebagian besar penyusun plasma (90%) adalah air dan 10% lainnya berupa protein, asam amino, gula, vitamin, garam mineral, enzim, hormon dan antibodi serta gas dan zat sisa metabolisme. Jenis protein darah meliputi albumin, fibrinogen, dan globulin. Jenis garam mineral diantaranya Na, Ca, K, Cl, ion fosfat , karbonat, dan sulfat. Plasma darah berfungsi untuk mengedarkan sari makanan ke sel-sel di seluruh tubuh manusia. 
§  Sel darah merah (eritrosit)
Berbentuk bulat pipih dengan bagian tengahnya cekung (bikonkaf). Tidak memiliki inti sel serta berfungsi untuk mengikat Odan CO2. Warna merahnya dikarenakan adanya hemoglobin yang beperan dalam proses oksihemoglobin. Jumlah sel darah merah berkisar 4 – 6 juta/mmdan merupakan yang paling banyak. Waktu hidupnya sekitar 120 hari.
§  Sel darah putih (leukosit)
Bertipe amuboid (bentuknya dapat berubah-ubah) dan berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari bakteri yang masuk ke tubuh serta pembentuk antibodi. Jumlah leukosit normal antara 6.000 – 9.000 per mm3. Sel darah putih dikelompokkan menjadi dua, yakni sel agranuler (tidak mengandung granula) dan sel granluer (mengandung granula). Sel darah putih agranuler meliputi limfosit dan monosit sedangkan sel granuler terdiri dari netrofil, eusinofil, dan basofil.
§  Keping darah (trombosit)
   Bentuk sel trombosit tidak beraturan, berukuran lebih kecil dibanding butir darah yang lain. Jumlah trombositnormal antara 200.000 – 300.000 butir. Fungsi khusus sel tersebut adalah untuk pembekuan darah. 

Cara Membuat Model Tiruan arah Sederhana:
a.    Alat dan bahan :
     §  Tabung reaksi
     §  Pipet tetes
     §  Gelas ukur
     §  Minyak goreng
     §  Air
     §  Perwarna makanan (warna merah)
b.      Langkah kerja :
1. Tuangkan 5 ml minyak goreng ke dalam tabung reaksi. Gunakan gelas ukur untuk mengukur volume minyak goreng. Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti.
2. Tuangkan 5 ml air ke dalam tabung reaksi. Gunakan gelas ukur untuk mengukur volume air. Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti.
3.   Tambahkan 2 – 3 tetes zat warna kue pada campuran air dan minyak goreng.
4.  Tutuplah ujung tabung reaksi dengan cara menyumbat bagian mulut tabung reaksi menggunakan ibu jari.
5.   Kocoklah beberapa saat hingga seluruh komponen tercampur dengan cukup sempurna. Lakukan dengan hati-hati agar tabung reaksi tidak terjatuh.
6.    Diamkan tabung reaksi beberapa saat, biarkan hingga campuran terpisah.
7.    Analogkan setiap lapisan larutan yang terbentuk dengan bagian-bagian darah.
       Pada detik ke-48 minyak goreng mulai berada di atas, sedangkan air yang sudah dicampur dengan pewarna berada di bawah minyak goreng (data lengkap terlampir pada lampiran pertama).

 Cairan yang terlah dicampur perlahan-lahan memisah. Pada detik ke-48 minyak goreng mulai berada di atas, sedangkan air yang sudah dicampur dengan pewarna berada di bawah minyak goreng. Pada detik ke-78 sel darah merah mulai terbentuk. Pada detik ke-90 sel darah putih mulai terbentuk. Kemudian keping darah terbentuk pada detik ke-127. Model tiruan darah benar-benar terbentuk sempurna pada detik ke-1.800. 
B.   Kesimpulan
      Minyak goreng berada di atas, sedangkan air yang sudah dicampur dengan pewarna berada di bawah minyak goreng. Model sel darah merah dibentuk dari pewarna makanan dan air. Model keping darah terbentuk dari campuran minyak dan pewarna. Model sel darah putih terbentuk dari hasil pertemuan minyak goreng, pewarna makanan dan air. Sedangkan model plasma darah terbentuk dari minyak goreng.
C.   Daftar Pustaka
Zubaidah, Siti, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Kemendikbud
Sumber : http://zahranuraz.blogspot.co.id/2016/02/laporan-praktikum-ipa-pembuatan-model.html





LAMPIRAN
a. Ala t dan bahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar